Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Oleh:

NUR AINI AGUS S.N

208431413406

UNIVERSITAS NEGERI MALANG

FAKULTAS EKONOMI

JURUSAN EKONOMI PEMBANGUNAN

PRODI S1 PENDIDIKAN EKONOMI KOPERASI

Mei 2010


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah             : SMA NEGERI 1 GENTENG

Jurusan                        : IS

Kelas/Semester            : X/1

Mata Pelajaran            : EKONOMI

Alokasi waktu             : 1 X 25 Menit

A. Standar Kompetensi.

1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.

B. Kompetensi Dasar.

1.1 Mendeskripsikan kebutuhan ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas.

C. Indikator.

1.1.1        Menjelaskan pengertian kelangkaan.

1.1.2        Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kelangkaan.

1.1.3        Menjelaskan peranan ilmu ekonomi dalam menghadapi kelangkaan.

D. Tujuan.

1.1.1.1 Siswa mampu menjelaskan pengertian kelangkaan.

1.1.2.1Siswa mampu menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kelangkaan.

1.1.3.1Siswa mampu menjelaskan peranan ilmu ekonomi dalam menghadapi kelangkaan.

E. Materi Pembelajaran.

  1. Kelangkaan.
  2. Faktor yang mempengaruhi kelangkaan.
  3. Peranan ilmu ekonomi dalam menghadapi kelangkaan.

F. Sumber Pembelajaran.

  • Ø Fitran, Raidil. 2008. Ekonomi untuk SMA Kelas X. Jakarta: Rajawali Cilik.

G. Alat dan Media Pembelajaran.

  • LCD
  • Laptop

H. Strategi Pembelajaran.

1. Pendekatan : Konstruktivis.

2. Metode       : Ceramah, diskusi dan Tanya jawab.

3. Model         : Kepala bernomor struktur (modifikasi dari NHT)

I. Langkah-langkah/ Skenario Pembelajaran.

No Kegiatan Uraian Kegiatan Guru Life Skill Metode Alokasi Waktu
1 Pendahuluan/ pembukaan –  Memberikan apersepsi untuk siswa.

–  Memberikan motivasi.

–  Menyampaikan tujuan pembelajaran.

–  Menyampaikan rambu-rambu pembelajaran.

–  Siswa mampu mendengarkan dan mengerti penjelasan dari guru. Ceramah dan tanya jawab 5 Menit
2 Inti –  Memberikan penjelasan kepada siswa tentang materi yang diajarkan.

–  Langkah-langkah pembelajaran:

1. Peserta didik dibagi dalam kelompok, setiap peserta didik dalam kelompok dan mendapat nomor.

2. Penugasan diberikan kepada peserta didik berdasarkan nomor terhadap tugas yang berangkai.

3. Jika perlu, guru bisa menyuruh kerjasama antarkelompok.

4. Laporkan hasil dan tanggapan dalam kelompok yang lain. 5.. Kesimpulan

–  Siswa mampu mendengarkan penjelasan dari guru.

–  Siswa mampu berpartisipasi dalam proses belajar mengajar.

–  Siswa mampu bekerjasama dalam kelompok dengan baik.

–  Siswa mampu berkomunikasi dengan baik.

Ceramah, Diskusi, presentasi, dan Tanya jawab 15 Menit
3 Penutup –  Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang sudah dipelajari.

–  Guru memberikan evaluasi dan memberikan tugas/PR untuk dikerjakan dirumah.

–  Guru melakukan refleksi.

–  Siswa mampu memahami materi yang sudah dipelajari.

–  Siswa mampu menyimpulkan materi yang sudah dipelajari.

Ceramah dan tanya jawab 5 Menit

J. Evaluasi.

  1. 1. Aspek yang dinilai:
  • Ø Afektif.
  • Ø Kognitif.
  • Ø Psikomotorik.
  1. 2. Instrumen Evaluasi (Terlampir).
  2. 3. Kunci Jawaban (Terlampir).
  3. 4. Teknik Penskoran (Terlampir).

Kepala Sekolah

AKHMAD SYAIFI NOER, SPd

Pembantu Tk. I

NIP: 130884401

Genteng, 03 Mei 2010

Guru Bidang Studi

NUR AINI A.S.N, SPd.

NIP: 208431413406

Lampiran 1: Soal / Instrumen Evaluasi.

Jawablah soal dibawah ini dengan jawaban yang singkat dan benar!

1)      Apakah inti dari masalah ekonomi?

2)      Jelaskan pengertian kelangkaan?

3)      Contoh sumber ekonomi yang langka?

4)      Apakah faktor-faktor penyebab kelangkaan?

5)      Bagaimanakah cara untuk mengatasi kelangkaan?

6)      Mengapa ilmu ekonomi sangat berperan penting dalam menghadapi kelangkaan?

7)      Apakah yang dimaksud dengan ilmu ekonomi?

Lampiran 2: Kunci Jawaban.

1)      Inti dari masalah ekonomi yakni, bagaimana manusia memenuhi kebutuhannya yang tak terbatas dengan alat atau benda pemuas kebutuhan yang terbatas. Tidak semua kebutuhan dapat dipenuhi sehingga manusia harus melakukan pilihan dari berbagai alternatif yang tersedia. Artinya, sebagian kebutuhan dapat dipenuhi sebagian lagi tidak dapat dipenuhi.

2)      Kelangkaan adalah suatu keadaan saat manusia ingin mengomsumsi jauh lebih banyak dari apa yang diproduksi/ suatu keadaan saat apa yang diinginkan manusia jauh lebih banyak dari apa yang tersedia.

3)      Sumber ekonomi yang langka adalah tanah, air, udara, hutan, barang tambang seperti timah putih, nikel, besi, tembaga dan lain-lain.

4)      Faktor-faktor penyebab kelangkaan adalah:

  1. Jumlah benda pemuas kebutuhan manusia yang disediakan alam terbatas. Banyak benda-benda yang disediakan alam. Sebagian dari benda-benda tersebut bisa langsung dipakai tapi sebagian besar harus diolah terlebih dahulu. Pengetahuan dan teknologi sangat diperlukan untuk mengolah hasil alam itu agar dapat dipakai oleh manusia.
  2. Bannyak sumber daya alam yang rusak akibat ulah manusia sendiri.

Contohnya: penebangan hutan secara liar dan tanpa dibarengi dengan penanam bibit pohon kembali. Limbah pabrik yang dibuang ke air yang bisa mengakiatkan pencemaran air dan bisa membunuh kehidupan dalam air.

  1. Peningkatan kebutuhan manusia yag lebih cepat dibandingkan kemampuan penyediakan sarana kebutuhan. Ketika manusia sudah bisa memenuhi suatu kebutuhan, manusia berusaha untuk memenuhi kebutuhan yang lainnya (manusia tidak pernah puas).
  2. Keterbatasan kemampuan manusia untuk mengelola sumber daya masih terbatas. Ini terjadi karena kekurangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun bisa juga karena faktor modal dan faktor yang lainnya.

5)      Beberapa cara untuk mengatasi masalah kelangkaan:
a.    Efisien dalam mempergunakan sumberdaya.

  1. Penggunaan teknologi yang tepat guna dan ramah lingkungan dalam proses produksi.
  2. menjaga kelestarian sumber daya alam, cth reboisasi.

6)      Karena ilmu ekonomi pada dasarnya merupakan studi tentang bagaimana masyarakat mengelola sumber daya yang terbatas. Ilmu ekonomi membantu masyarakat untuk secara bijak dan relevan mengelola sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan warganya.

7)      Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari cara manusia atau sekelompok manusia dalam memenuhi berbagai kebutuhan yang relatif tidak terbatas dengan menggunakan sumber daya yang ada dengan cara yang sebaik-baiknya.

Lampiran 3: Teknik Persekoran.

TOTAL SKOR: 100

NA = __Jumlah betul X  100

Jumlah semua soal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: